Automotive
Multimedia Interface Colaboration (AMI-C)
Automotive
Multimedia Interface Collaboration atau yang lebih dikenal dengan
singkatan AMI-C, adalah suatu bentuk pengembangan dan stadarisasi yang umum
multimedia dan telematika otomotif untuk kendaraan antarmuka jaringan
komunikasi. The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan
pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi
umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk
mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di dalam
kendaraan. Inisiatif ini – yang pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General Motors,
Renault dan Toyota – sekarang kelompok semua auto utama pembuat, dan dengan
demikian menyediakan kesempatan strategis baru untuk mencapai suatu set umum
industri mobil. Untuk berbagai alasan, kendaraan telah tertinggal
di belakang rumah dan perangkat komputasi mobile ketika datang ke alat
produktivitas dan multimedia. Keamanan, kehandalan, biaya, dan desain waktu
memiliki semua faktor dalam produsen mobil ‘menunda penerimaan teknologi baru.
Automotive
Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) menyatakan bahwa akan menggandeng
teknologi Open Service Gateway Initiative (OSGi) sebagai framework untuk
platform sofware yang dibangun untuk informasi mobile dan sistem entertainment.
Dalam kombinasinya, AMI-C dan framework OSGi akan menyediakan satu platform
software yang umum dan pasar yang terbuka untuk penyedia aplikasi atomotif
berbasis wireless. Untuk pengguna, platform umum tersebut akan menyediakan
pilihan software aplikasi yang luas. Automotive Multimedia Interface
Collaboration (AMI-C) sudah memiliki anggota : Fiat, Ford, General Motors,
Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C mengembangkan
dan men-standarisasi antarmuka multimedia dan telematika otomotif yang umum
untuk jaringan komunikasi kendaraan.
A. Arsitektur AMI-C
The
Otomotif Multimedia Interface Kolaborasi(AMI-C) mengumumkan di seluruh dunia
cipta penugasan dari 1394 spesifikasi teknis otomotif ke Trade Association 1394
AMI-C berikut dokumen sekarang milik 1394TA:
· AMI-C
3023 Power Management Specification
· AMI-C
3013 Power Management Architecture
· AMI-C
2002 1.0.2 Common Message Set Power Management
· AMI-C
3034 Power Management Test Documents
· AMI-C
4001 Revision Physical Speci .cation.
B. Fungsional AMI-C
Tujuan
Utama AMIC:
1. Menyediakan
interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan
berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi – dari sistem navigasi dan
hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka,
termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak
dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem
mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
2. Meningkatkan
pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
3. Memotong
biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan
ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan – industri
otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform
kendaraan sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform
yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
4. Menawarkan
standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan
antara kendaraan dan dunia luar.
C. Struktural AMI-C
Automotive
Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) mengatakan akan menjadi tuan rumah tiga
update internasional briefing untuk menjadi pemasok otomotif, komputer dan
teknologi tinggi industri elektronik. Briefing akan diadakan 23 Februari di
Frankfurt, Jerman; Februari 29 di Tokyo; dan Maret 9 di Detroit.
“AMIC
telah membuat suatu kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini
dalam menyelesaikan struktur organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai
persyaratan yang diperlukan untuk hardware dan software baik di masa depan
mobil dan truk,” Jurubicara AMIC Dave Acton berkata, “Dan sekarang sudah
saatnya bagi kita untuk bertemu dengan pemasok dan mereka yang tertarik untuk
menjadi pemasok untuk memastikan kami pindah ke tahap berikutnya pembangunan
kita bersama-sama. “
Acton menekankan bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis elektronik. AMIC dibentuk pada bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh 12 produsen otomotif dan anak perusahaan yang meliputi: BMW, DaimlerChrysler, Ford, Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen, Renault, Toyota, dan VW. Seorang juru bicara mengatakan kelompok AMIC berencana untuk mendirikan sebuah kantor di San Francisco di masa depan.
2. Kelebihan Dan Kekurangan
Kelebihan
:
Memberikan
kenyamanan pengendara dalam melakukan perjalanan dengan penggunaan media,
komputer dan perangkat telekomunikasi.
Meningkatkan
keamanan dengan system airbag dan system kunci pintu.
Membantu
pengendara dalam melihat situasi jalan dan dalam mencari jalan alternativ
dengan system navigasi.
Meningkatkan
kualitas penyampaian informasi
Kekurangan
:
Biaya
yang relatif mahal
Kurangnya
pengetahuan tentang perangkat justru akan sangat membingungkan pengguna
Terlalu
banyak perangkat multimedia akan mengganggu konsentrasi dari pengendara
3. Saran
Penggunaan
perangkat multimedia dalam kendaraan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan
harus sesuai dengan standarisasi terutama yang menyangkut faktor keamanan,
karena jika tidak justru akan menjadi boomerang dan sangat membahayakan bagi
pengguna dan orang lain.
Sumber:
http://diaharea.blogspot.co.id/2013/11/kolaborasi-antarmuka-otomotif-multimedia.html
http://yudifr.blogspot.co.id/2016/01/kolaborasi-antarmuka-otomotif-multimedia.html
http://pahwandi.blogspot.co.id/2015/01/kolaborasi-antar-muka-multimedia.html
Nama : Ghassani Hashifah M
NPM : 13112130
Kelas : 4KA37
No comments:
Post a Comment