Wednesday, 20 January 2016

Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia


Automotive Multimedia Interface Colaboration (AMI-C)

Automotive Multimedia Interface Collaboration atau yang lebih dikenal dengan singkatan AMI-C, adalah suatu bentuk pengembangan dan stadarisasi yang umum multimedia dan telematika otomotif untuk kendaraan antarmuka jaringan komunikasi.  The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini – yang pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota – sekarang kelompok semua auto utama pembuat, dan dengan demikian menyediakan kesempatan strategis baru untuk mencapai suatu set umum industri mobil.   Untuk berbagai alasan, kendaraan telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat komputasi mobile ketika datang ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan, kehandalan, biaya, dan desain waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil ‘menunda penerimaan teknologi baru.

Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) menyatakan bahwa akan menggandeng teknologi Open Service Gateway Initiative (OSGi) sebagai framework untuk platform sofware yang dibangun untuk informasi mobile dan sistem entertainment. Dalam kombinasinya, AMI-C dan framework OSGi akan menyediakan satu platform software yang umum dan pasar yang terbuka untuk penyedia aplikasi atomotif berbasis wireless. Untuk pengguna, platform umum tersebut akan menyediakan pilihan software aplikasi yang luas. Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) sudah memiliki anggota : Fiat, Ford, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C mengembangkan dan men-standarisasi antarmuka multimedia dan telematika otomotif yang umum untuk jaringan komunikasi kendaraan.

A. Arsitektur AMI-C

The Otomotif Multimedia Interface Kolaborasi(AMI-C) mengumumkan di seluruh dunia cipta penugasan dari 1394 spesifikasi teknis otomotif ke Trade Association 1394 AMI-C berikut dokumen sekarang milik 1394TA:
·         AMI-C 3023 Power Management Specification
·         AMI-C 3013 Power Management Architecture
·         AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set Power Management
·         AMI-C 3034 Power Management Test Documents

·         AMI-C 4001 Revision Physical Speci .cation.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEitU4lVXLvrNV6ZG-_D3-HKCeTC7Wyw7NrVpni0T400oxsNK1xwL_2yvLBTFIKpmzDFv3n6AnFa3GFw4x-aLPjm-zRr6NBZc4tCSZxS_d1HJXBb183DzUOf0a84rjIg6WnNY_VOIdPjdFs/s320/arsitektur.PNG
B. Fungsional AMI-C

Tujuan Utama  AMIC:

1.        Menyediakan interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi – dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output. 
2.        Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
3.        Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan – industri otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit. 
4.        Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjF4Y18WaUToUVpIg2kXveet3YODQW75dFCbUwNm-EthtXT-axj0ir-R0J4Wo0CuhUBIwkUQsVJUAasiEz883XN4811WG2oTGiB4jC_y77s5vvlUKg4MNSYO38MBLwqngK2wtZJJ9Fq8Sg/s320/2.jpg

C. Struktural AMI-C

Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) mengatakan akan menjadi tuan rumah tiga update internasional briefing untuk menjadi pemasok otomotif, komputer dan teknologi tinggi industri elektronik. Briefing akan diadakan 23 Februari di Frankfurt, Jerman; Februari 29 di Tokyo; dan Maret 9 di Detroit.

“AMIC telah membuat suatu kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini dalam menyelesaikan struktur organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai persyaratan yang diperlukan untuk hardware dan software baik di masa depan mobil dan truk,” Jurubicara AMIC Dave Acton berkata, “Dan sekarang sudah saatnya bagi kita untuk bertemu dengan pemasok dan mereka yang tertarik untuk menjadi pemasok untuk memastikan kami pindah ke tahap berikutnya pembangunan kita bersama-sama. “

            Acton menekankan bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis elektronik. AMIC dibentuk pada bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh 12 produsen otomotif dan anak perusahaan yang meliputi: BMW, DaimlerChrysler, Ford, Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen, Renault, Toyota, dan VW. Seorang juru bicara mengatakan kelompok AMIC berencana untuk mendirikan sebuah kantor di San Francisco di masa depan.

2. Kelebihan Dan Kekurangan
Kelebihan :
Memberikan kenyamanan pengendara dalam melakukan perjalanan dengan penggunaan media, komputer dan perangkat telekomunikasi.
Meningkatkan keamanan dengan system airbag dan system kunci pintu.
Membantu pengendara dalam melihat situasi jalan dan dalam mencari jalan alternativ dengan system navigasi.
Meningkatkan kualitas penyampaian informasi

Kekurangan :
Biaya yang relatif mahal
Kurangnya pengetahuan tentang perangkat justru akan sangat membingungkan pengguna
Terlalu banyak perangkat multimedia akan mengganggu konsentrasi dari pengendara

3. Saran
Penggunaan perangkat multimedia dalam kendaraan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan harus sesuai dengan standarisasi terutama yang menyangkut faktor keamanan, karena jika tidak justru akan menjadi boomerang dan sangat membahayakan bagi pengguna dan orang lain.

Sumber:
http://diaharea.blogspot.co.id/2013/11/kolaborasi-antarmuka-otomotif-multimedia.html
http://yudifr.blogspot.co.id/2016/01/kolaborasi-antarmuka-otomotif-multimedia.html
http://pahwandi.blogspot.co.id/2015/01/kolaborasi-antar-muka-multimedia.html

Nama   : Ghassani Hashifah M
NPM   : 13112130

Kelas   : 4KA37

No comments:

Post a Comment

Pages - Menu